Cara Menulis Lirik Lagu

Anda bisa saja memiliki melodi lagu terindah di dunia, tetapi jika lirik lagu Anda tiak bagus, hal ini bisa sangat mempengaruhi lagu Anda secara keseluruhan. Apakah Anda penulis lirik lagu atau Anda ingin menuliskan lirik sendiri untuk alunan melodi gitar yang baru saja Anda ciptakan, wikiHow dapat membantu Anda. Mulailah dengan Langkah 1 di bawah ini dan lanjutkan ke penjelasan berikutnya tentang bagian dasar dari sebuah lagu, pertimbangan musik, dan cara menemukan kata-kata yang sulit dipahami itu!

Memahami Struktur Umum Lagu

Pahami bagian-bagian sebuah lagu. Ada beberapa bagian dari sebuah lagu. Lagu Anda bisa memiliki seluruhnya atau tidak satupun di antaranya. Hal ini sepenuhnya tergantung pilihan Anda. Walaupun begitu, ada beberapa susunan standar yang digunakan di sebagian besar lagu, jadi untuk dapat memahami bagaimana suara sebagian besar lagu, Anda perlu memahami bagian-bagiannya. Bagian ini meliputi:

  • Intro – bagian ini terdapat pada bagian awal permulaan lagu. Terkadang bagian ini terdengar berbeda dari keseluruhan lagu, mungkin Pengeluaran SDY lebih cepat atau lebih lambat, atau mungkin tidak ada sama sekali. Banyak lagu tidak memiliki bagian intro, jadi jangan merasa bahwa Anda harus menggunakannya.
  • Bait – bagian ini adalah bagian utama dari sebuah lagu. Bagian ini biasanya 50% hingga dua kali lipat lebih panjang dibandingkan dengan chorus, tetapi tidak harus demikian. Penanda bagian ini adalah melodinya yang sama tetapi liriknya berbeda di setiap baitnya.
  • Chorus – chorus adalah bagian dari sebuah lagu yang berulang tanpa berganti: baik lirik dan melodinya tetap sama atau hampir sedikit sekali mengalami perubahan. Bagian ini adalah tempat di mana Anda mencoba memasukkan bagian yang paling mudah diingat dari lagu Anda (biasanya disebut dengan penarik).
  • Bridge – bridge adalah bagian yang ada di beberapa lagu tetapi tidak semua lagu memilikinya. Biasanya bagian ini muncul setelah chorus yang kedua, bridge adalah bagian lagu yang terdengar sama sekali berbeda dengan keseluruhan lagu. Bagian ini biasanya pendek, hanya terdiri dari satu atau dua baris lirik, dan kadang-kadang menjadi awalan perubahan kunci nada.

Mulai dengan struktur AABA. Struktur AABA kemungkinan adalah struktur lagu yang paling banyak digunakan dalam musik modern populer. Dalam ilmu tentang struktur lagu, A biasanya menandakan bait dan B menandakan chorus. Dengan kata lain, di dalam struktur ini terdapat dua bait, satu chorus, dan kemudian bait terakhir. Coba gunakan struktur standar ini sebelum mencoba struktur lain yang lebih rumit.

Cobalah struktur lainnya. Tentu saja terdapat beragam struktur lagu yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba AABB, ABA, AAAA, ABCBA, ABABCB, ABACABA, dan seterusnya.

  • C biasanya menandakan bridge, huruf penanda lain yang Anda temukan di dalam lagu biasanya hanya berarti bahwa bagian tersebut bukanlah bagian yang ada dalam lagu pada umumnya dan sifatnya khusus untuk lagu tersebut saja (seperti mengambil bait dari lagu yang lain dan memasukkan ke dalamnya).

Cobalah lagu berbentuk bebas. Tentu saja jika Anda ingin menguji kemampuan Anda, Anda bisa mencoba menulis sesuatu yang berbeda dari biasanya dan tidak mengikuti struktur lagu standar. Tetapi hal ini bisa jadi sangat menantang untuk dilakukan dan kurang cocok untuk pemula.