Cara Basmi Nyamuk secara Alami di Rumah

 Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi nyamuk. Salah satunya dengan menggunakan pestisida atau obat anti nyamuk. Namun, cara tersebut dirasa tidak aman untuk kesehatan. Alhasil, banyak orang beralih membasmi nyamuk secara alami di rumah.

Ada beberapa cara alami untuk membasmi nyamuk. Salah satunya datang dari cerita Bang Tani. Melalui akun sosial medianya ia bercerita terkait tips mengusir nyamuk. 

Terinspirasi dari cerita di atas, juga punya tips buat kamu togel singapore untuk membasmi nyamuk secara alami dan aman untuk kesehatan keluarga berikut ini!

Lakukan Ini untuk Basmi Nyamuk Secara Alami di Rumah

Umumnya, untuk membasmi nyamuk di rumah, penggunaan pestisida lazim digunakan. Akan tetapi, bahan kimia dalam pestisida dinilai mengganggu kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya yang berada di dalam rumah. Untuk itu, banyak masyarakat yang beralih mengatasi masalah nyamuk dengan menggunakan cara alami.

Berikut ini beberapa cara membasmi nyamuk secara alami di rumah yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Menampung Air

Dalam akun sosial medianya @petanirumah, Bang Tani menceritakan pengalamannya dalam membasmi nyamuk secara alami. Pertama, ia menampung air menggunakan wadah yang kemudian diletakkan pada area yang disukai nyamuk untuk berkembang biak, seperti area yang gelap, berada di sudut, dan dekat pepohonan. 

Setelah enam hari, Bang Tani menyaring air dalam wadah yang sudah berisi jentik nyamuk. Oleh Bang Tani, jentik nyamuk yang sudah disaring dibawa ke area yang kering. Tujuannya, agar jentik nyamuk mati. Setelah air dalam wadah bersih dari jentik nyamuk, Bang Tani mendiamkan air selama enam hari ke depan. 

Biasanya, pada minggu ketiga dan keempat, jentik akan berkurang karena populasi nyamuk pada area tersebut semakin menurun. Dalam pesannya, Bang Tani bilang untuk selalu menyaring air dalam waktu 5 hingga 6 hari atau sebelum jentik berubah menjadi nyamuk.

2. Gunakan Kipas Angin di Dalam Ruangan

David Shetlar, profesor entomologi di Ohio State University, mengatakan bahwa nyamuk adalah hewan yang memiliki kemampuan terbang buruk. Jadi, kamu bisa menggunakan kipas angin di dalam ruangan untuk menghindari gigitan nyamuk di dalam rumah.

3. Gunakan Minyak Serai

Minyak serai adalah salah satu bahan alami yang ampuh untuk menghindari gigitan nyamuk karena aromanya yang tidak disukai nyamuk. Kamu bisa menggabungkan minyak serai dengan minyak lainnya agar efeknya semakin optimal.

Selain menggunakan minyaknya, kamu juga bisa menggunakan tanaman serai yang dipotong-potong. Letakkan potongan serai pada area berkumpul keluarga atau beristirahat agar kamu terbebas dari serangan nyamuk.

4.Bersihkan Rumah Secara Berkala

Tentunya cara yang paling ampuh untuk mengusir nyamuk dengan membersihkan rumah secara berkala. Bukan hanya area dalam rumah, tapi pastikan area halaman rumah juga terhindar dari berbagai tumpukan sampah, barang yang tidak terpakai, hingga genangan air. 

Bukan hanya sampah, tumpukan daun-daun di halaman bisa menjadi salah satu lokasi berkembang biak untuk nyamuk. Jadi, kamu harus rutin membersihkan halaman untuk menurunkan risiko perkembangbiakan nyamuk di rumah.

  1. Letakkan Beberapa Tanaman Pengusir Nyamuk

Coba letakkan beberapa tanaman yang dipercaya bisa mengusir nyamuk seperti lavender, citronella, marigolds, dan rosemary. Jenis tanaman ini dipercaya ampuh lantaran aroma yang tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk akan menghindarinya.