3 Cara Untuk Memaksimalkan Konten Website

Menerapkan cara optimasi website yang tepat akan membantu Anda meningkatkan traffic website dan konversinya. Tidak seperti Search Engine Optimization (SEO), langkah optimasi ini memprioritaskan pengalaman pengunjung website. Tenang, kami sudah merangkum 10 strategi optimasi efektif yang akan membantu Anda meningkatkan kecepatan, UX (pengalaman pengguna), aspek mobile-friendly, aksesibilitas, serta ranking website.

Di artikel ini kami juga akan membahas keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan langkah-langkah optimasi website. Selain itu, ada beberapa tool optimasi yang kami rekomendasikan agar Anda bisa melakukan prosesnya dengan lebih mudah.

Maksimalkan On-Page SEO

On-page SEO adalah cara optimasi website dengan memaksimalkan konten halaman web agar bisa muncul dan dipahami oleh mesin pencari seperti Google. Dengan strategi ini, mesin pencari akan mengetahui bahwa konten di website Anda bisa memberikan jawaban atas pertanyaan yang diketik pengunjung di mesin pencari. Sebagai bagian dari Search Engine Optimization, on-page SEO membantu menaikkan peringkat website toto sgp Anda pada Search Engine Result Page atau SERP (halaman hasil mesin pencari).

Misalnya, calon pengunjung mengetikkan pertanyaan cara membangun rumah di Google. Halaman hasil pun akan menampilkan link ke berbagai website. Nah, website inilah yang menurut Google memiliki jawaban paling sesuai untuk pertanyaan tersebut. Semakin tinggi peringkat website di SERP, semakin banyak traffic organik yang masuk ke website tersebut. Lima hasil pertama pencarian organik bisa meraih 67,60% klik pada mesin pencari. Beberapa tips on-page SEO yang bisa Anda terapkan di antaranya:

  • Buat postingan blog – Berikan informasi yang up-to-date secara rutin dalam postingan Anda untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari. Terapkan strategi SEO untuk blog agar bisa meningkatkan konversi melalui postingan.
  • Lakukan riset keyword (kata kunci) – Sertakan keyword dalam judul, heading, alt text, dan konten Anda. Pertimbangkan penggunaan keyword yang lebih umum untuk beberapa konten agar jangkauannya semakin luas. Untuk toko online, semua halaman produk juga harus menyertakan keyword yang relevan.
  • Gunakan header tag – Sesuaikan dengan hierarki header di halaman web Anda.
  • Sertakan meta title dan description yang sesuai – Buat meta title dan description yang menarik untuk semua halaman dan postingan Anda.

 Percepat Loading Situs Anda

Kecepatan loading halaman adalah salah satu faktor utama sistem peringkat Google, yang berarti sangat berpengaruh pada peringkat website Anda di SERP. Selain itu, kecepatan loading halaman juga penting karena 47% pengguna umumnya hanya betah menunggu loading website rata-rata selama dua detik saja.

Nah, dengan pertimbangan ini, Anda sebaiknya rutin mengecek kecepatan website. Salah satu tool populer untuk uji kecepatan website adalah GTmetrix, yang akan memberikan insight menarik terkait kecepatan loading website Anda. Setelah mengevaluasi performanya, Anda bisa mulai mempercepat loading website dengan cara-cara berikut:

  • Hapus kode yang tidak perlu – Optimalkan kode website dengan menghapus karakter yang tidak penting, misalnya spasi antarbaris.
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network) – Paket web hosting yang menyediakan opsi CDN bisa membantu meningkatkan performa website dengan cara mereplikasi konten statis di seluruh server datanya.
  • Aktifkan cache pada browser – Ada sejumlah plugin dan aplikasi yang memungkinkan browser menyimpan file cache yang didownload dari server Anda. Langkah ini akan meningkatkan kecepatan loading website yang memiliki banyak halaman statis.
  • Optimalkan gambar yang Anda gunakan – Gunakan media visual yang berkualitas tapi bisa dimuat lebih cepat.

Lakukan Eksperimen Secara Rutin

Salah satu prioritas utama dalam menerapkan cara optimasi website adalah customer journey atau alur perjalanan pelanggan, yaitu proses yang harus dilalui pelanggan dari sekadar mengakses website hingga terjadi konversi.Jadi, Anda perlu melakukan percobaan dan eksperimen pada konten agar bisa menemukan strategi terbaik yang paling cocok untuk diterapkan. Eksperimen ini juga akan membuat website Anda lebih personal sehingga memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan website kompetitor. Beberapa elemen yang bisa Anda uji coba antara lain:

  • Tombol CTA – Perubahan kecil pada gaya dan lokasi tombol bisa berpengaruh besar pada tingkat konversi.
  • Layout – Cari tahu penempatan yang paling sesuai untuk menu, gambar, teks, dan konten lainnya.
  • Penempatan tombol share media sosial – Pilih gaya dan lokasi penempatan yang paling efektif untuk tombol share media sosial di website Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan ikon platform medsos daripada mencantumkan namanya.
  • Landing page – Sebagai salah satu strategi optimasi penting, desain dan tata letak landing page harus bisa menghasilkan konversi yang lebih baik.